OUTDOOR CLASS DAY (OCD) HAVING FUN HEALTHILY!

Hari kamis, 7 September 2017, merupakan hari yang membahagiakan bagi anak-anak, peserta didik, dan para guru SMPIT Raudhatul Jannah Cilegon. Pada hari itu bersama sekitar 30 sekolah di seluruh Indonesia, kami melaksanakan Outdoor Classroom Day (OCD) selama 3 jam, mulai pukul 07.00 sampai pukul 10.00 WIB yang disupport oleh Deputi Tumbuh Kembang Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
1 2
Kegiatan Outdoor Class sebetulnya bukan hal yang baru untuk anak-anak SMPIT Raudhatul Jannah Cilegon, tetapi pagi itu ada hal yang istimewa yang berbeda dari biasanya. Diawali dengan cuci tangan, semua anak memasuki kelas dengan ceria ditemani wali kelas dan ibu-ibu komite yang sudah menyiapkan sarapan sehat untuk kami semua. Setelah sarapan, semua berhamburan ke luar kelas untuk mencuci tangan, dan dengan wajah sumringah semua berlarian menuju pojok-pojok yang sudah disiapkan oleh Ibu dan Bapak guru.
3 4
Ada empat pojok dengan spanduk bertemakan: Ayo Cuci Tangan, Ayo Sarapan Pagi, Cintai Lingkungan dan Hemat Energi, serta Lestarikan Permainan Tradisional. Keempat pojok tersebut sudah dilengkapi berbagai permainan tradisional yang sebagian besar dari anak-anak belum mengenalnya.
Semua anak dengan semangat mencoba berbagai permainan tradisional yang sudah disediakan, seperti: layangan, permainan kelereng, sondag, bebentengan, congklak, monopoli raksasa, ular tangga raksasa, gobak sodor, egrang, dan sebagainya.
5 6
Selain bermain, anak-anak juga mendapatkan informasi yang disampaikan oleh para orang tua yang mempunyai profesi sesuai dengan tema yang diusung hari itu. Orang tua yang berprofesi sebagai dokter memberi informasi tentang berperilaku hidup bersih dan sehat, orang tua yang berprofesi sebagai polisi menyampaikan materi tentang nasionalisme, orang tua yang bekerja di PT. Indonesia Power menyampaikan tentang pentingnya mencintai lingkungan dan hemat energi, dan orang tua yang berdinas di dinas pendidikan menyampaikan tema tentang karakter.
7 8
Dari kegiatan tersebut, anak-anak mendapatkan banyak hal positif yang dapat menumbuhkan serta meningkatkan sikap kerja sama dalam tim, gotong royong, sikap toleransi, sikap sportif, kejujuran, mencintai permainan tradisional yang dapat menumbuhkan sikap nasionalisme semua peserta didik.
Alhamdulillah kegiatan OCD di SMPIT Raudhatul Jannah Cilegon dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan didampingi Kasi Kesiswaan dan Kabid Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Cilegon beserta jajarannya. Kedatangan para pejabat dari instansi pemerintahan ini menunjukkan dukungan penuh terhadap kegiatan OCD di SMPIT Raudhatul Jannah Cilegon.
9 10Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Deputi Tumbuh Kembang Anak, Kementerian pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yang memberikan kesempatan sekaligus fasilitas untuk terselenggaranya kegiatan Outdoor Classroom Day (OCD) di sekolah kami. Semoga kegiatan ini dapat kami lakukan secara rutin dan dapat menginspirasi sekolah-sekolah yang lain di Kota Cilegon dan di Provinsi Banten.
11 12
Newest
Previous
Next Post »